kualitas-kopi-mr-ocoffee

Tips Menentukan Kualitas Kopi

Seperti yang kita semua ketahui bahwa kopi merupakan jenis minuman yang paling familiar dengan kehidupan sehari-hari karena kopi selalu tersedia di dapur hampir setiap rumah. Selain itu kopi juga dijadikan senjata bagi para pekerja untuk memulai harinya untuk mendapatkan ‘suntikan’ kafein agar bisa bekerja dengan optimal. Meskipun minum kopi telah menjadi bagian dari darah masyarakat Indonesia, hanya segelintir orang yang memiliki pengetahuan mengenai kopi terutama memilih biji kopi yang berkualitas.

Selain itu pada kenyataannya biji kopi Indonesia yang berkualitas tinggi lebih banyak diekspor ke luar negeri, sedangkan untuk konsumsi nasional sebagian besar berkualitas kelas dua. Oleh karena itu Agar kita lebih menghargai kopi Indonesia, mulailah minum kopi dengan kualitas tertinggi,.

Berikut ini saya akan memberikan beberapa tips dalam menentukan atau memilih kualitas kopi yang baik, antara lain yaitu :

  • Pilih yang Freshly Roasted. Baik tidaknya kualitas kopi bisa ditentukan oleh kesegaran masa roasted-nya. Idealnya, usia kopi tidak boleh lebih dari dua bulan setelah proses pemanggangan dilakukan. Jadi hindarilah membeli kopi impor mengingat lamanya waktu distribusi bisa menurunkan mutu kopi tersebut. Adapun kualitas kopi terbaik adalah 2 minggu setelah proses roasting dilakukan.
  • Beli Kopi dalam Bentuk Biji. Agar Anda tidak tertipu dalam membeli kopi, sebaiknya beli biji kopinya langsung. Dengan begini Anda tak perlu khawatir kopi telah dicampurkan dengan bahan-bahan tambahan lainnya. Selain itu, bubuk kopi rentan sekali terhadap air, udara, dan cahaya yang bisa menurunkan kadar mutunya. Setelah biji kopi tersebut terbeli, Anda bisa menggilingnya sendiri memakai mesin khusus seharga 200 ribuan.
  • Mencium Aroma biji Kopi. Mencium bau adalah langkal awal saat anda akan membeli biji kopi . hal ini akan mambantu anda untuk menemukan biji kopi yang ber aroma tinggi dengan mencium bau biji kopi anda juga akan lebih paham , mana kopi yang bagus dan mana kopi yang biasa saja, selain itu biji kopi tentunya selalu mengeluarkan aroma khas tanpa embel-embel apapun. Namun Anda tetap perlu mempelajari kekhasan ini terlebih dahulu mengingat setiap kopi memiliki nuansa aroma yang berbeda-beda antara soft, medium, dan strong. Hati-hati jangan sampai Anda membeli kopi yang berbau sedikit apek karena bisa dipastikan kopi tersebut sudah tak layak minum.
  • Perhatikan kemasan kopi. Kalau dikemas dalam plastik, pasti kualitas kopi tersebut akan turun,” kata Mba Keke. Kemasan yang bagus menggunakan kantong yang berbahan alumunium karena permeability-nya rendah, sehingga oksigen tidak mudah masuk ke dalam kemasan. Pada kemasan tersebut ada valve berupa lubang kecil satu arah yang berguna untuk mengeluarkan oksigen dari dalam kemasan. Fungsi valve ini juga untuk mencium aroma kopi yang ada di dalamnya.Oksigen adalah musuh utama kopi yang telah disangrai karena kopi yang terkena oksigen akan teroksidasi sehingga kualitasnya turun.

Demikian beberapa tips di atas, semoga bermanfaat untuk anda.

880

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *