Aneka Biji Kopi Pilihan Terbaik Di Dunia

Siapa yang tak kenal kopi? Semua orang di Indonesia bahkan seluruh dunia tentunya mengenal kopi sebagai minuman mereka setiap harinya. Kopi nikmat dan lezat tentunya berasal dari biji kopi pilihan terbaik yang disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Biji-biji kopi pada umunnya di tanam dan diproduksi di dunia khususnya di Indonesia. Bahkan setiap daerah di Indonesia kini memiliki biji kopinya masing-masing. Sebagai pecinta minuman kopi, tak jarang dari mereka yang masih belum mengenal macam-macam kopi. Di dunia ini, terdapat dua variasi pohon kopi yang paling populer di dunia yakni kopi robusta dan kopi arabika. Namun siapa sangka, terdapat banyak sekali jenis-jenis kopi dari biji pilihan terbaik yang harus diketahui !

Jenis-Jenis Kopi dan Karakteristiknya yang Populer

  1. Kopi Arabika
    Kopi arabika berasal dari Ethiophia dan disebarluaskan oleh bangsa Arab ke penjuru dunia. Seluruh dunia termasuk Indonesia, tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis kopi yang satu ini. Jenis kopi ini dikenal perawatan dan pembudidayaannya yang tidak mudah, dengan begitu kopi arabika ini memiliki harga yang terpaut lebih mahal. Kopi arabika memiliki cita rasa kopi yang paling nikmat dari jenis kopi lainnya, karena memiliki tingkat kemasaman yang lebih tinggi daripada kandungan kafeinnya. Selain itu juga ciri khas yang dihasilkan dari kopi ini adalah warna seduhan tidak terlalu pekat dan memiliki aroma yang sangat wangi. Perlu diketahui terdapat dua variasi kopi arabika yakni Typica dan Bourbon.
  2. Kopi Robusta
    Setelah kopi arabika, tentunya terdapat kopi robusta yang seringkali dijadikan pilihan semua pecinta kopi khususnya masyarakat Indonesia. Faktanya jenis kopi robusta ini dapat bertahan dari serangan penyakit karat daun, dengan membutuhkan proses pembuahan selama 10-11 bulan untuk menjadi buah. Perlu di ketahui, biji kopi robusta dulu ditemukan di Negara Kongo pada ketinggian 400-700 mdpl dengan suhu 21-24 derajat celcius. Kopi robusta memiliki ciri khas dari rasanya yang cenderung lebih pahit dari arabika, namun jika dilihat dari segi harga kopi jenis ini terpaut dengan harga yang lebih murah. Terdapat dua jenis varian yang populer dari hasil persilangan kopi jenis robusta dan arabika ini, yaitu Timor dan Catimor.
  3. Kopi Ekselsa
    Selanjutnya terdapat kopi ekselsa, kopi ini berasal dari Afrika barat, yang saat ini sudah banyak dikonsumsi di Indonesia. Kopi jenis ini rentan di serang penyakit, dengan demikian kopi ini wajib di budidayakan di dataran rendah dan basah. Di Indonesia, kopi jenis ini dapat ditemui di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi. Jika kita lihat dari segi harga dan kualitas, tentunya kopi jenis ini memiliki kualitas yang lebih tinggi dibandingkan jenis arabika dan robusta. Hal ini mengingat proses pembuatan dan budidayanya yang tidaklah mudah.
  4. Kopi Liberika
    Yang terakhir terdapat jenis kopi liberika. Kopi liberika berasal dari Liberia, Afrika Barat yang tumbuh 9 meter dari tanah. Kopi ini sangat rentan dengan penyakit HV ( Hemileia Vastratix ) atau penyakit karat daun. Jenis kopi yang satu ini memiliki ukuran lebih besar dibandingkan jenis kopi arabika dan robusta. Perlu diketahui bahwa jenis kopi yang satu ini memiliki proses yang panjang dan lama, tak jarang banyak petani kurang menyukai jenis kopi ini karena ongkosnya lebih mahal. Sehingga hal ini membuat tingkat produksi jenis kopi liberika hanya sekitar 1-2% di dunia.
    Itulah beberapa jenis kopi yang populer di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Setelah mengetahui jenis kopi, alangkah baiknya jika mengetahui juga jenis biji kopi terbaik di tanah air kita Indonesia.

9 Jenis Biji Kopi Terbaik di Indonesia

  1. Kopi Gayo (Aceh)
    Kopi Gayo Aceh termasuk ke dalan jenis kopi arabika yang berasal dari provinsi Sumatera. Berasal dari biji kopi dengan prosesnya yang cukup panjang, menjadikan kopi ini memiliki cita rasa yang unik dibandingan dengan kopi arabika lainnya. Kopi Aceh Gayo memiliki tekstur yang encer, warna yang tidak terlalu pekar dan tingkat kemasamannya yang seimbang. Tak heran cita rasanya yang unik ini terkenal hingga mancanegara.
  2. Kopi Kintamani (Bali)
    Kopi Kintamani merupakan jenis kopi yang berasal dari biji kopi pilihan terbaik. Selain populer di Indonesia, kopi ini sudah populer di Negara Jepang, Eropa dan Arab. Kopi ini memiliki cita rasa yang pahit dan identik dengan rasa jeruk dan juga terdapat dominasi asam citrus segar serta aroma bunga di dalamnya, sunggu sebuah cita rasa yang unik. Identik dengan rasa jeruknya, karena kebun kopi Kintamani ini bersampingan dengan kebun jeruk, sehingga terdapat after taste segar.
  3. Kopi Flores Bajawa
    Masuk kedalam jenis kopi arabika, kopi Flores Bajawa ini berasal dari Kabupaten Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur. Biji kopi Flores Bajawa menghasilkan cita rasa yang khas kacang-kacangan dan caramel. Kopi ini juga memiliki tekstur yang kental dengan tingkat kemasaman yang tidak terlalu mencolok.
  4. Kopi Temanggung
    Masuk kedalam jenis kopi robusta, kopi temanggung yang populer di Indonesia ini dikenal dengan aroma dan rasanya yang unik. Identik dengan rasa tembakau, membuat kopi ini menjadi pilihan dari beberapa pecinta kopi. Tak heran kopi ini populer di mancanegara dan menjadi andalan untuk Negara Eropa, Timur Tengah hingga Amerika Latin.
  5. Kopi Toraja
    Kopi toraja berasal dari Sulawesi Selatan yang sudah popler ke Negara Jepang dan Amerika. Memiliki cita rasa kayu manis dan kapulaga, kopi jenis ini merupakan salah satu kopi dengan biji terbaik di Indonesia. Perlu diketahui, kopi toraja menjadi salah satu menu premium di salah satu perusahaan Jepang. Sungguh membanggakan bukan?
  6. Kopi Rangsang Meranti (Riau)
    Selanjutnya kopi rangsang meranti yang masuk ke dalam jenis kopi liberika ini berasal dari Riau. Direktorat Jendral Intelektual Nasional Republik Indonesia menyatakan bahwa kopi rangsang meranti ini merupakan hasil pertanian biji kopi terbaik di Indonesia. Memiliki cita rasa yang unik tentunya membuat harga dari biji kopi bubuk ini terpaut harga yang mahal.
  7. Kopi Wamena (Papua)
    Para pecinta kopi tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis kopi satu ini. Berasal dari biji kopi dengan proses penanaman yang menggunakan alat-alat tradisional, menghasilkan cita rasa unik seperti aroma coklat dan floral yang berpadu dalam rasa masam yang tidak mencolok. Ditanam di lembah Baliem menghasilkan biji kopi yang banyak diminati oleh pecinta kopi. Salah satu daerah yang mendominasi petani kopi ini yakni kampung Tagulik Distrik Bugi Kabupaten Jayawijaya.
  8. Kopi Java Ijen Raung
    Selanjutnya terdapat kopi java ijen raung yang berasal dari Bondowoso. Perlu diketahui bahwa kopi ini sudah terkenal hingga mancanegara. Dengan aroma yang unik seperti bunga hutan dan cita rasa yang sedikit pedas membuat kopi ini banyak diminati pecinta kopi. Kopi ini termasuk ke dalam jenis kopi arabika, dimana kopi ini memiliki tingkat kemasaman yang tidak terlalu mencolok.
  9. Kopi Luwak
    Kopi luwak merupakan jenis kopi terbaik di Indonesia yang sangat populer hingga ke mancanegara. Kopi ini merupakan kopi legendaris yang ditemukan pada tahun 1700-an danĀ  memiliki aroma khas seperti pandan.

Itulah beberapa jenis biji kopi terbaik yang dapat anda temukan di Indonesia. Apapun macam kopinya, saat ini anda dapat menemukannya dengan mudah di Mr. O Coffee. Kami merupakan distributor kopi yang menyediakan berbagai macam pilihan kopi mulai dari arabika, robusta dan masih banyak lagi. Biji kopi yang kami sediakan murni dengan grade tertinggi dari sabang hingga merauke, dimana kami sudah bersertifikasi sebagai Advance Roaster dari AEKI. Tunggu apalagi ? Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi kami sekarang juga !

97

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 3 =