Kopi Fine Robusta

Robusta
4436
 

Click here for details
Starts from: IDR 49.000

4437
 

Click here for details
Starts from: IDR 55.000

4438
 

Click here for details
Starts from: IDR 55.000

196

Kopi Fine Robusta

Nikmatnya Kopi Robusta

Seperti yang diketahui kopi memiliki 3 jenis yaitu Arabika, Liberika dan Robusta. Para pecinta kopi pasti sudah tak asing lagi dengan ketiga jenis kopi tersebut, terutama kopi Robusta. Robusta berasal dari kata robust yang berarti kuat, kuat yang dimaksud adalah kopi ini memiliki tingkat kekentalan yang sangat kuat. Robusta ditanam dan tumbuh di dataran rendah, yang bertempatan dilokasi paling baik untuk membudidayakan tanaman ini pada ketinggian 400-800 meter diatas permukaan laut. Selain itu suhu yang optimal untuk tanaman ini berkisar 24-30°C dengan curah hujan 2000-3000 mm/ tahunnya.

Kopi ini sangat cocok ditanam di daerah yang tropis, agar berbuah dengan baik. Oleh karena itu tanaman ini membutuhkan waktu kering 3-4 bulan dalam satu tahun diselingi dengan beberapa kali hujan. Kopi robusta kini sudah beredar di pasaran yang dijual dengan harga lebih rendah dibanding kopi arabika, namun dari segi aroma kopi robusta tidak sekuat kopi arabika. Begitu juga dengan tingkat kekentalannya yang memiliki tingkat kekentalan yang sedang hingga berat, dan juga memiliki cita rasa yang pahit.

Nah untuk mengetahui lebih lanjut seputar kopi Robusta dan fakta menarik tentang kopi ini, langsung saja yuk kita simak beberapa fakta menarik dari kopi Robusta ini !

  1. Robusta memiliki rasa lebih pahit dan punya efek yang lebih kuat
    Seperti yang diketahui, jenis kopi Robusta maupun Arabika adalah dua jenis kopi yang paling sering dikonsumsi dan diproduksi di Indonesia dan seluruh dunia. Kedua jenis kopi tersebut tentunya memiliki kualitas kopi yang tinggi dan nikmat untuk dikonsumsi semua orang.
    Namun dari kedua jenis kopi tersebut, memiliki citarasa yang berbeda. Kopi arabika memiliki rasa yang lebih lembut dan manis, sedangkan kopi robusta memiliki rasa yang pahit dan kuat.
    Tetapi justru dari segi rasa sebagian orang lebih menyukai rasa kopi yang lebih pahit, yaitu yang dimiliki oleh kopi robusta. Terlebih lagi rasa pahit itu justru menandakan kadar kafein dari kopi robusta lebih tinggi yaitu bekisar 1,5-3,3% atau setara dengan 2x lipatnya kandungan kafein dari kopi arabika.
  2. Memiliki bentuk yang berbeda dengan kopi Arabika
    Kopi jenis robusta memiliki bentuk yang berbeda dari kopi arabika, dimana kopi robusta memiliki bentuk yang lebih bulat dan memiliki belahan yang cenderung lebih lurus. Sedangkan kopi arabika memiliki bentuk yang lonjong dan ditenganya terdapat sebuah belahan yang bergelombang.
  3. Biji Robusta mudah tumbuh di dataran rendah
    Biji robusta tumbuh di dataran rendah dengan ketinggian 100-800 menter diatas permukaan laut. Jika kita lihat di Indonesia memiliki banyak dataran rendah seperti di beberapa kebun di Provinsi Lampung dan Sumatera Selatan, yang dimana wilayah tersebut dapat menghasilkan robusta dengan jumlah yang sangat banyak.
  4. Biji Robusta mampu tumbuh di cuaca panas
    Dengan kondisi iklim yang hangat, kopi robusta dapat beradaptasi dengan baik. Berbeda dengan kopi arabika yang tumbuh di suhu lebih rendah berkisar antara 18-22°C dengan maksimal temparatur yang tidak melebihi 30°C.
    Jelas kedua jenis kopi ini memiliki perbedaan dalam tingkat produksi yang lebih signifikan di Indonesia. Dapat diketahui kopi arabika dapat tumbuh di daerah yang lebih sejuk dengan suhu 18-22°C, sedangkan di Indonesia rata-rata bersuhu diatas angka tersebut.
  5. Salah satu produsen terbesar di Indonesia
    Berdasarkan dari data Kementerian Perdagangan RI (KEMENDAGRI), negara Indonesia kini menempati posisi ke-4 sebagai produsen robusta terbesar setelah negara Brazil, Vietnam, dan Kolombia. Terlepas dari banyaknya orang pecinta robusta di seluruh dunia, posisi tersebut pun tentunya dianggap kebanggaan.
    Selain itu, produksi dari biji robusta juga memiliki andil yang besar untuk Indonesia, karena Indonesia menjadi salah satu negara eksportir biji kopi terbesar di dunia. Sekitar 10,6 juta biji kopi yang berukuran 60 kg sudah diproduksi di tahun 2018-2019, dimana sekitar 9,4 juta dari angka tersebut adalah kopi robusta. Sungguh membanggakan bukan ?

Nah, itulah beberapa fakta-fakta menarik dari kopi robusta yang perlu anda ketahui, sungguh menakjubkan bukan ? Tentunya saat ini anda mengetahui kopi robusta ini banyak digemari oleh semua orang di seluruh dunia dan termasuk di Indonesia. Kopi robusta adalah jenis kopi yang berkualitas yang mudah sekali untuk diproduksi. Saat ini jika kita berbicara sedikit mengenai perdagangan kopi, sekitar 99% perdagangan kopi di dunia tentunya yang digunakan jenis robusta dan arabika. Kopi robusta ini banyak diproduksi di negara-negara Asia-Pasific dan Afrika, sedangkan jenis arabika banyak di produksi di negara Amerika Selatan. Lalu penghasil robusta terbesar adalah di negara Vietnam.

Saat ini sudah banyak jenis-jenis kopi yang dapat anda nikmati termasuk kopi robusta. Karena saat ini sudah banyak juga kopi yang instan yang dikemas dalam kemasan. Apakah dapat mempengaruhi rasa ? Tentu saja tidak. Jadi saat ini bagi anda yang ingin menikmati kopi robusta dirumah, anda dapat meracik dan menyeduhnya sendiri. Anda dapat menemukan kopi robusta tanpa ribet lagi hanya di Mr. O Coffee, karena menyediakan berbagai pilihan kopi salah satunya kopi robusta. Karena kami adalah Supplier yang menjual biji kopi Robusta dan Arabika yang murni dengan grade tertinggi dari Sabang hingga Merauke. Anda jangan khawatir jika ingin membeli kopi di Mr. O Coffee, karena sudah bersertifikat sebagai Advance Roaster dari AEKI (Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia). Yuk segara pesan kopi berkualitas di Mr. O Coffee !

4919

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − 11 =